Skip to content
September 14, 2011 / jual biji jabon

jabon merah : pendamping dari jabon putih

samam

Jabon merah:   dalam berbagai event terdapat salah satu varietas atau jenis dari tanaman jabon yang saat ini mulai dilirik untuk dikembangkan oleh para pekebun adalah jabon merah (antocephalus macrophyllus).  tanaman yang selama ini menjadi endemik di daerah Indonesia bagian timur seperti maluku, sulawesi utara, papua, halmahera ini dilirik karena memiliki kualitas kayu sedikit lebih bagus daripada jabon putih, dalam artian memiliki kelas keawetan dan kekerasan diatas kayu jabon putih.  

disamping kelebihannya  kayu jabon merah atau yang lazim dikenal sebagai samama merah juga memiliki waktu panen yang relatif lebih lama apabila dibandingkan dengan kayu  jabon putih seperti yang sudah diketahui bahwa jabon putih menurut pengalaman kami sudah  bisa mulai dipanen usia 5-7 tahun sedangkan jabon merah dapat dipanen mulai usia 8-10 tahun.

Salah satu kelebihan lain dari jabon merah adalah tanaman ini memiliki ketahanan terhadap hama dan organisme pengganggu yang selama ini kerap menyerang jabon putih,terutama dari jenis ulat penggulung daun. hal ini sangat mahfum karena daun jabon merah relatif lebih keras disamping itu kulit batang jabon merah juga lebih tebal sehingga ulat dan penggerek  kurang menyukainya.kelebihan yang lain dari kayu jabon merah yaitu lebih toleran terhadap tanah yang agak kering disamping itu daunnya kurang disukai hewan ternak.seperti halnya jabon putih ,kayu jabon merah juga bisa dibuat kayu lapis atau veneer dan furniture berkualitas.

Menimbang kelebihan dan kekurangan terhadap kedua jenis tanaman jabon tersebut serta untuk mengurangi serangan hama, kami dari CV Jabon Kendal musim tanam ini berencana melakukan penanaman jabon merah dan jabon putih dengan cara di campur ( secara polikultur ) . model pencampuran ini bisa memakai perbandingan 50:50 ataupun 70 : 30 atau menurut situasi dan kondisi di lapangan.

Semisal dengan Jumlah tanaman per hektar dengan jarak tanam 3×3 meter, kita tanam jabon putih sebanyak 800 pohon, dan kita selingi jabon merah sebanyak 300 pohon. maka kita bisa melakukan penjarangan di tahun ke-4 sebanyak 50 persen,tahun ke 6-7 sebanyak 35 persen, dan di tahun ke 8- 10 sebanyak 15 persen tanaman, sedemikian sehingga di akhir tahun ke 8-10  kita bisa melakukan panen jabon merah secara penuh.

Dengan adanya variasi berbagai jenis tanaman dalam suatu hamparan kebun maka diharapkan akan saling melengkapi sehingga keseimbangan ekosistem akan makin terjaga. Untuk bibit jabon merah anda bisa memesan ke kami untuk mendapatkan harga terbaik yang rasional dan sangat terjangkau. para pekebun saatnya menanam jabon putih dan jabon merah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: